Friday 12 September 2014

Goda-Gado

Godaan secara harfiah adalah sebuah aktivitas yang mempersuasi seseorang agar tertarik, bisa yang bersifat positif dan negatif.


Dalam sebuah hubungan entah itu pertemanan, rekan kerja, pacaran, pernikahan, bahkan hubungan keluarga, dan lingkungan tidak pernah lepas dari godaan.
Mungkin kalau godaan yang bersifat negatif akan lebih mampu untuk diingat ketimbang godaan yang bersifiat positif.

Contoh dalam kehidupan sehari-hari adalah godaan untuk berselingkuh, pemborosan finansial, atau bahkan godaan yang mampu merugikan entah fisik atapun psikis.

Dalam kehidupan berumah tangga-pun, entah berumur satu tahun, lima tahun, dua puluh lima tahun, bahkan lima puluh tahun umur pernikahan-pun masih bisa untuk digoda. Lalu sebenarnya bagaimana kita mengatasi godaan yang ada? gampang!
saya di sini berbicara tentang manusia yang memiliki akal dan agama.

Pertama kita harus rajin beribadah
Manusia yang pondasi agamanya kuatpun masih bisa digoda apalagi kita yang hanya beribadah ketika ingat Tuhan saja. kebanyakan harfiah manusia itu beribadah ketika setelah mendapat godaan.digoda dulu baru ingat kalau punya Tuhan. itu sudah umum, tinggal kita, kita ingin masuk jadi manusia yang beda dr yang lain g sih? atau sama spt mereka2? klo ingin sama ya beribadah setelah digoda aja, tp kalau saya sih ingin beda dari yg lain, makanya saya ingin selalu beribadah bahkan sebelum saya disentuh oleh godaan. itu point saya beda dari yg lain.

kedua, komunikasi
Godaan g akan datang kalau komunikasi lancar. miscommunication itu saja termasuk godaan dan dampaknya sangat mengerikan.

Saling sabar
Innallaha ma'assobbirin adalah kalimat yg sangat mujarab bahwa Orang2 yg sabar itu disayang Allah. Otomatis kalau kita disayang Allah, godaan ky apasih yg kita g bisa lalui?

Penjelasan yg halus dan bermakna
G perlu menjelaskan sesuatu secara kasar, panjang, dan berbelitbelit. Cukup dgn pada intinya dan dengan nada halus maka tidak akan menimbulkan godaan demi godaan.

Sadar kesalahan dan meminta maaf. Berbesar hati
Orang yang menang adalah orang yg mampu mengakui kesalahan, meminta maaf, dan berjanji dgn perbuatan tidak akan mengulangi lagi. Simple!

Godaan yang saya bicarakan utk ditanggulangi adalah godaan yang negatif. Selalu berbesar hati, bersabar, berkomunikasi, dan Beribadah maka InsyaAllah terhindar dari godaan berupa apapun :)

Allah itu Maha Kaya dan Maha Mendengar

Mintalah kepadaNya sepenuh hati :)

No comments:

Post a Comment